Selasa, 08 November 2011

Ilmu budaya dasar : budaya palembang

palembang adalah anggota dari keluarga melayu, orang-orang berbicara melayu sebagai bahasa mereka. orang lain yang tidak asli ke palembang tetapi masih berasal dari sumatera selatan biasana di campur mereka bahasa dengan bahasa palembang, seperti bahasa komering, lahat, rawas, dll ada juga orang yang datang dari luar sumatera. kebanyakan dari mereka adalah jawa, cina, arab, india, minangkabau, dan sunda.


makanan khas palembang :


Pempek
Pempek makanan khas Palembang yang telah terkenal di seluruh Indonesia. Dengan menggunakan bahan dasar utama daging ikan dan sagu, masyarakat Palembang telah berhasil mengembangkan bahan dasar tersebut menjadi beragam jenis pempek dengan memvariasikan isian maupun bahan tambahan lain seperti telur ayam, kulit ikan, maupun tahu pada bahan dasar tersebut.



Tekwan
Tekwan makanan khas Palembang dengan tampilan mirip sup ikan berbahan dasar daging ikan dan sagu yang dibentuk kecil - kecil mirip bakso ikan yang kemudian ditambahkan kaldu udang sebagai kuah, serta soun dan jamur kuping sebagai pelengkap.

Adapun tarian khas palembang:

Tari Gending 
Tari gading Sriwijaya merupakan tarian penyambutan dari Kota Palembang. Tari ini melukiskan kegembiraan gadis-gadis Palembang saat menerima kunjungan tamu yang diagungkan. “Tepak” yang berisi, kapur, sirih, pinang, dan ramuan lainnya dipersembahkan sebagai ungkapan rasa bahagia.

Tari Genta
Tari Genta Siwa merupakan tarian persembahan atau pemujaan yang menggambarkan keagungan Dewa Siwa. Tarian ini juga melukiskan keagungan Kerajaan Sriwijaya, gerakan-gerakan dalam tarian ini merupakan kolaborasi dari tari Gending Sriwijaya, tari Tanggai dan tari Lilin.

*sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar