Minggu, 27 November 2011

Dasar pemasaran : Pengelolaan produk dan Pengembangan produk baru

produk baru terhadap dunia, pasar, penjual, atau beberapa kombinasi dari ini, sangat penting adanya. produk baru sangat penting dalam mempertahankan tingkatkan pertumbuhan dan keuntungan perusahaan serta menggantikan produk-produk yang sudah tidak di sukai lagi oleh konsumen sehingga produk yang di hasilkan oleh produsen dapat selalu disukai dan mengikuti perkembangan dari permintaan apa yang disukai oleh konsumen.

Langkah yang diperlukan dalam menciptakan produk baru
mendistribusikan dan mempromosikan produk

  • produk baru harus diinformasikan/dipromosikan kepada pelanggan
  • beban promosi perlu diperhitungkan sebelum menentukan produk baru.
melakukan audit atas produk
  • setelah produk diperkenalkan ke pasar, biaya dan keuntungan aktual hendaknya diukur dan dibandingkan dengan keuntungan yang diramalkan sebelumnya
  • jika biaya diestimasi terlalu rendah dan keuntungan diestimasi terlalu tinggi, sebagai referensi untuk analisi produk berikutnya.
Pengertian produk
pengertian produk baru adalah produk yang benar benar baru masuk ke pasar (new chemical entity) dan produk tiruan atau jiplakan (me too). produk yang berbasis NCE semakin sedikit jumlahnya karena biaya riset yang semakin mahal. sehingga tidak heran jika produk baru yang beredar didominasi oleh produk jiplakan.

Proses pengembangan produk baru
pada umumnya perusahaan-perusahaan yang sukses dalam mengembangkan produk baru pada umumnya melakukan hal-hal sebagai berikut.
  • membuat komitmen jangka panjang yang baru diperlukan untuk mendukung inovasi dan pengembangan produk baru.
  • menggunakan pendekatan khusus perusahaan, digerakan oleh tujuan perusahaan dan strategi-strategi yang dimiliki oleh perusahaan yang telah ditegaskan sebagai strategi utama perusahaan mereka.
  • menjadikan pengalaman sebagai modal untuk mencapai dan mempertahankan keunggulan bersaing
  • membangun sebuah budaya manajemen dalam perusahaan, struktur organisasi dan dukungan manajemen puncak yang kondusif guna mencapai tujuan spesifik produk baru serta tujuan perusahaan.
Tahap-tahap dalam pengembangan suatu produk adalah sebagai berikut :
  1. Strategi produk baru
  2. menghasilkan gagasan
  3. Penyaringan gagasan
  4. Analisis bisnis
  5. Pengembangan
  6. Uji coba pemasaran
  7. Komersialisasi

*sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar