Senin, 07 November 2011

Ilmu budaya dasar : budaya halal bi halal

setiap bulan puasa atau sering kita sebut juga bulan ramadhan, kita sering mendengar istilah halal bi halal. biasanya, acara ini akan diadakan setelah ramadhan berakhir (syahwal-lebaran). acara halal bi halal berarti saling memaafkan antara satu dengan yang lainnya. acara tersebut dilakukan dengan berbagai macam acara, ada yang sekedar silahturahmi ke rumah-rumah (salaman), sungkeman (adat jawa yang mana orang yang lebih muda berlutut dan meminta maaf kepada orang yang lebih tua) atau bahkan dengan acara pesta pengajian, itulah uniknya.


menurut sumber yang terdekat dengan keraton surakarta budaya halal bi halal berasal mula-mula dirintis oleh KGPAA mangkunegara, yang terkenal dengan sebutan pangeran sumber nyawa.


dari sejarah itu orang indonesia menamakan halal bi halal secara harfiah adalah menghalalkan alias memaafkan segala segala dosa yang pernah dilakukan oleh orang lain dengan cara salaman. padahal, budaya ini jangan sampai terhapus dan harus kita jaga karena bagaimanapun budaya ini ha ya ada di indonesia.

*sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar