Minggu, 06 November 2011

ilmu budaya dasar: manajemen dan kebudayaan

pengertian manajemen
kata manajemen berasal dari bahasa perancis kuno management, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur, manajemen adalah suatu keadaan terdiri proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengadilan, yang mana keempat proses tersebut saling mempunyai fungsi masing-masing untuk mencapai suatu tujuan organisasi, melalui pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya lainnya.

pengertian budaya
budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikansebagai hal hal yang berkaitan dengan budi kal manuisa. dalam bahasa inggris, kebudayaan di sebut culture, yang berasal dari kata latin colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. bisa di artika juga sebagai mengolah tanah atau bertani. kata culture juga kadang di terjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa indonesia.

definisi budaya
budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki berdama oleh sebuah kelompok orang dan di wariskan dari geneasi ke generasi, budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagia yang tak bisa terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya di wariskan secara genetis. ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan perbedaanya, membuktikan budaya itu dipelajari. dan juga budaya bisa di definisikan dengan suatu pola hidup yang menyeluruh, budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif.


*sumber :
http://seabass86.wordpress.com
http://budayadimatamanusia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar