Sabtu, 19 November 2011

Ilmu budaya dasar: budaya sunda

budaya sunda sudah dikenal dengan budaya yang sangat menjungjung tinggi sopan santun. pada umumnya karakter masyarakat sunda, ramah tamah (someah), lemah lembut, dan sangat menghormati orang tua. itulah cermin budaya dan kultur masyarakat sunda. di dalam bahasa sunda diajarkan bagaimana menggunakan bahasa halus untuk orang tua.
kebudayaan sunda memiliki ciri khas tertentu yang membedakan dari kebudayaan-kebudayaan lain. secara umum masyarakat jawa barat atau tatar sunda, sering dikenal dengan masyarakat religius kecenderungan ini tampak sebagaimana dalam pameo "silih asih,silih asah dan silih asuh, saling mengasihi, saling mempertajam diri dan saling melindungi. selain itu sunda juga memiliki sejumlah budaya lain yang khas seperti kesopanan, rendah hati terhadap sesama, kepada yang lebih tua dan menyayangi kepada yang lebih kecil.
budaya sunda memiliki banyak kesenian, diantaranya adalah kesenian sisingaan, tarian khas sunda, wayang golek, alat musik sunda yang bisanya digunakan pada pagelaran kesenian.

*sumber:
http://id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar