Selasa, 29 November 2011

Dasar Pemasaran : Strategi Promosi dan Periklanan


pengertian komunikasi pemasaran
komunikasi pemasaran adalah cara untuk mengkomunikasikan produk kepada
konsumen dengan penggunaan unsur-unsur promosi untuk
mencapai tujuan perusahaan.

pentingnya komunikasi yang efektif
yaitu untuk menyampaikan ide dengan sebaik-baiknya, maka kita tidak bisa lagi memandang remeh masalah komunikasi dalam kehidupan/aktivitas kita sehari-hari. Sebab, sebrilian apapun ide atau gagasan yang kita miliki, tetap saja tidak akan bermakna apa-apa apabila kita, selaku pemilik ide, tidak dapat menyampaikannya dengan baik kepada objek yang kita tuju (dalam hal ini manusia).

periklanan
Periklanan atau Promosi (Advertising) adalah suatu bentuk komunikasi yang ditujukan untuk mengajak orang yang melihat, membaca atau mendengarnya untuk melakukan sesuatu. Promosi biasanya mencakup nama prodak atau layanan dan bagaimana prodak dan layanan itu bisa bermanfaat bagi pembeli, untuk mengajak calon pembeli potensial untuk membeli atau mengkonsumsi prodak tertentu.  Berbagai macan media dapat digunakan untuk mengirimkan iklan meliputi tradisional media seperti Koran, majalah, radio, televisi, papan pengumunan dan surat secara langsung


penjualan tatap muka
Penjualan tatap muka adalah kegiatan mempromosikan suatu produk dengan cara mendatangi ke tempat konsumen berada, oleh seorang wiraniaga/salesperson. Dengan adanya kontak langsung antara wiraniaga dan konsumen, maka terjadilah komunikasi dua arah.


Sifat-sifat penjualan tatap muka adalah sebagai berikut :
1. personal atau adanya kontak langsung dengan konsumen
2. tanggapan langsung atas pertanyaan/reaksi konsumen
3. mempererat hubungan dengan konsumen, apabila sikapnya memuaskan
4. biaya operasionalnya cukup tinggi



hubungan masyarakat 
dalam hubungan masyarakat dan pemberitaan ini biasanya di buat program-program tertentu yang bertujuan untuk mempromosikan barang, atau bisa juga bertujuan untuk memperlihatkan image positif bagi perusahaan kepada masyarakat.


promosi penjualan
promosi penjualan yakni aktifitas menjual suatu produk yang bersifat jangka pendek.
Promosi penjualan terdiri dari kumpulan alat-alat insentif yang beragam, sebagian besar berjangka pendek, dirancang untuk mendorong pembelian suatu produk/jasa tertentu secara lebih cepat dan/atau lebih besar oleh konsu­men atau pedagang.


pemasaran langsung
merupakan pemasaran yang dilakukan melalui media. media yang digunakan antara lain lewat sms, fax, email, dan lain sebagainya. biasanya dalam pemasaran langsung ini terjadi dialog langsung untuk meminta tanggapan.


*sumber:
http://www.anneahira.com
http://id.shvoong.com
http://eko-trisna.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar