Senin, 07 November 2011

Ilmu budaya dasar : budaya suku asmat


suku asmat adalah suku yang mendiami wilayah papua di irian jaya,di wilayah itu selain sku asmat ada pula suku lain yaitu suku dani dan suku tobati-enggros,. suku asmat memiliki dua populasi yang berbeda, baik secara dialek maupun cara hidupnya, ada populasi yang hidup di pesisir pantai dan ada juga yang hidup di daerah pedalaman. suku yang memiliki makanan khas berupa sagu ini, memiliki mata pencaharian sebagai pemburu binatang liar di hutan, seperti babi hutan, ular, kasuari, dan masih banyak lagi.


suku asmat memiliki banyak kesenian yang unik. mereka memiliki baju adat sendiri yang kita kenal dengan koteka, koteka ini terbuat dari kulit labu, bentuknya panjang dan sempit. 




ada pula tarian khas suku asmat yaitu tari tobe
tari tobe sering dimainkan saat ada upacara adat, tarian ini dilakukan oleh 16 orang penari laki-laki dan 2 orang penari perempuan. tarian ini dimaksudkan untuk mengobarkan semangat para prajurit untuk pergi ke medan perang.


kebudayaan suku asmat masih tergolong asli dan masih belum tergerus oleh modernisasi. kebudayaan mereka sangat unik, adalah tugas kita sebagai rakyat indonesia melestarikan kebudayaan yang berlimpah dengan cara mempelajarinya dan menyaksikan pertunjukan-pertunjukan seni daerah di pusat-pusat adat dan kebudayaan yang tersebar di seluruh indonesia.

*sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar