Rabu, 23 November 2011

Dasar Pemasaran : Segmentasi pasar, penentuan sasaran pasar dan pemosisian

Segmentasi Pasar
Pada dasarnya, segmentasi pasar adalah proses membagi pasar keseluruhan suatu produk atau jasa yang bersifat heterogen ke dalam beberapa segmen, di mana masing-masing segmennya cenderung bersifat homogen dalam segala aspek.

Kreteria segmentasi
• Dapat diukur (measurable)
• Dapat diakses oleh saluran distribusi
• Memberikan respon yang berbeda terhadap marketing mix
• Bersifat stabil (tidak terlalu cepat berubah)
• Memiliki ukuran yang cukup besar supaya menguntungkan

Syarat Segmentasi Pasar yang Efektif
1.measurable-ukuran, daya beli
2.Wajib pajak-mencapai dan layanan
3.Substansial-menguntungkan dan homogen
4.Terdiferensialkan
5.Ditindaklanjuti

Hubungan antara Penetapan Sasaran Pasar dengan Segmentasi Pasar
Istilah segmentasi pasar dan penentuan sasaran pasar  (market targeting) sebenarnya merupakan dua hal yang bebeda. Di depan telah diuraikan bahwa segmentasi pasar itu merupakan kegiatan membagibagi pasar yang bersifat heterogen  dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar yang bersifat homogen. Dalam hal ini, market targeting merupakan keputusan perusahaan mengenai pasar manakah yang akan dilayani.
penentuan posisi arti produk
produk berasal dari kebutuhan pembeli yang terdapat di pasar sasaran

Strategi penentuan posisi
kombinasi tindakan pemasaran digunakan untuk menggambarkan  konsep penentuan  posisi

*sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar