Jumat, 21 Maret 2014

Materi Minggu Ketiga



 
Berfikir Induktif
-          Hipotesis dan Teori
-          Generalisasi
-          Analogi
-          Hubungan Kasual
-          Induksi dalam metode eksposisi

Hipotesis atau hipotesa adalah jawaban sementara terhadap masalah yang masih bersifat praduga karena masih harus dibuktikan kebenarannya.
Hipotesis ilmiah mencoba mengutarakan jawaban sementara terhadap masalah yang kan diteliti.  Hipotesis menjadi teruji apabila semua gejala yang timbul tidak bertentangan dengan hipotesis tersebut.  Dalam upaya pembuktian hipotesis,penelitian dapat saja dengan sengaja menimbulkan atau menciptakan suatu gejala Kesengajaan ini disebut percobaan atau eksperimen. Hipotesis yang telah teruji kebenarannya disebut teori.
Paragraf generalisasi adalah paragraf yang isinya berupa menarik kesimpulan terhadap data yang sesuai dengan fakta atau kejadian yang sebenarnya.
Paragraf generalisasi ini merupakan salah satu dari paragraf induktif dimana paragraf induktif ini disusun mengikuti pola induktif.Paragraf ini disusun dengan cara menguraikan beberapa kalimat penjelas yang berupa fakta,bukti, contoh, atau ilustrasi sebagai data empiris yang bersifat khusus pada awal paragraf dan diakhiri dengan kalimat utama sebagai kesimpulan yang bersifat khusus. Paragraf generalisasi ini disusun dengan cara menyajikan beberapa kalimat penjelas sebagai alasan bersifat khusus untuk diambil sebuah kesimpulan bersifat umum pada akhir paragraf sebagai kalimat utama.

Paragraf Analogi adalah penalaran dengan cara membandingkan dua hal yang banyak menandung persamaan. Dengan kesamaan tersebut dapatlah ditarik kesimpulannya. Paragraf analogi ini merupakan bagian paragraf induktif.

soal dan jawaban :
1 Sebutkan apa sajakah jenis-jenis hipotesis? Hipotesis penelitian dan Hipotesis statistik.
2. berasal dari manakah kata hipotesis ? dari yunani yang berarti hypo = di bawah, thesis = pendirian
3. apa pengertian dari hipotesis ? hipotesa adalah jawaban sementara terhadap masalah yang masih bersifat praduga karena masih harus dibuktikan kebenarannya.
4.  jelaskan pengertian dari paragraf generalisasi ? adalah paragraf yang isinya berupa menarik kesimpulan terhadap data yang sesuai dengan fakta atau kejadian yang sebenarnya.
5. jelaskan  pengertian dariparagraf analogi ? adalah penalaran dengan cara membandingkan dua hal yang banyak menandung persamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar