Jumat, 21 Maret 2014

Materi Minggu Ke empat



 
  Karangan Ilmiah
-          Pengertian karangan
-          Macam sifat dan bentuk karangan
-          Ciri-ciri karangan ilmiah
-          Ciri-ciri karangan non ilmiah
-          Ciri-ciri karangan ilmiah popular

Karangan merupakan karya tulis hasil dari kegiatan seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikanya melalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami. Lima jenis karangan yang umum dijumpai dalam keseharian adalah narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi.
Ciri-Ciri Karangan ilmiah
1.      Struktur Sajian
Struktur sajian karya ilmiah sangat ketat, biasanya terdiri dari bagian awal (pendahuluan), bagian inti (pokok pembahasan), dan bagian penutup. Bagian awal merupakan pengantar ke bagian inti, sedangkan inti merupakan sajian gagasan pokok yang ingin disampaikan yang dapat terdiri dari beberapa bab atau subtopik. Bagian penutup merupakan kesimpulan pokok pembahasan serta rekomendasi penulis tentang tindak lanjut gagasan tersebut.

2.      Komponen dan Substansi
Komponen karya ilmiah bervariasi sesuai dengan jenisnya, namun semua karya ilmiah mengandung pendahuluan, bagian inti, penutup, dan daftar pustaka. Artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal mempersyaratkan adanya abstrak.

3.      Sikap Penulis
Sikap penulis dalam karya ilmiah adalah objektif, yang disampaikan dengan menggunakan gaya bahasa impersonal, dengan banyak menggunakan bentuk pasif, tanpa menggunakan kata ganti orang pertama atau kedua.

4.      Penggunaan Bahasa
Bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah adalah bahasa baku yang tercermin dari pilihan kata atau istilah, dan kalimat-kalimat yang efektif dengan struktur yang baku.

Karangan non ilmiah
Karya non-ilmiah adalah karangan yang menyajikan fakta pribadi tentang pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, bersifat subyektif, tidak didukung fakta umum, dan biasanya menggunakan gaya bahasa yang popular atau biasa digunakan (tidak terlalu formal).

Ciri-ciri Karya Non Ilmiah
·     ditulis berdasarkan fakta pribadi,
·     fakta yang disimpulkan subyektif,
·     gaya bahasa konotatif dan populer,
·        tidak memuat hipotesis,
·        penyajian dibarengi dengan sejarah,
·        bersifat imajinatif,
·        situasi didramatisir,
·        bersifat persuasif.
·     tanpa dukungan bukti

soal dan jawaban :
1.  apa yang disebut dengan karangan ? Karangan merupakan karya tulis hasil dari kegiatan seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikanya melalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami.
2.sebutkan ciri-ciri dari karangan ilmiah? struktur sajian, komponen dan subtansi, sikap penulis, penggunaan bahasa.
      3. sebutkan min 4 ciri-ciri karya non ilmiah ? ditulis berdasarkan fakta pribadi, fakta yang disimpulkan subyektif,  gaya bahasa konotatif dan populer, tidak memuat hipotesis.

      4. Sebutkan jenis-jenis karangan umum? Narasi, Deskripsi, Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi.

5. jelaskan pengertian dari karangan non ilmiah ? Karya non-ilmiah adalah karangan yang menyajikan fakta pribadi tentang pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, bersifat subyektif, tidak didukung fakta umum, dan biasanya menggunakan gaya bahasa yang popular atau biasa digunakan (tidak terlalu formal).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar