Jumat, 21 Maret 2014

Materi Minggu Kedua



 Berfikir Deduktif
-          Silogisme Kategoria
-          Silogisme Hipotesis
-          Silogisme Alternatif
-          Entinem
Silogisme adalah suatu proses penarikan kesimpulan secara deduktif. Silogisme disusun dari dua proposisi (pernyataan) dan sebuah konklusi (kesimpulan).
Silogisme kategorial adalah silogisme yang semua proposisinya merupakan kategorial. Proposisi yang mendukung silogisme disebut dengan premis yang kemudian dapat dibedakan menjadi premis mayor (premis yang termnya menjadi predikat), dan premis minor ( premis yang termnya menjadi subjek). Yang menghubungkan di antara kedua premis tersebut adalah term penengah (middle term).
Silogisme Hipotesis adalah jenis silogisme yang terdiri atas premis mayor yang bersifat hipotesis ,dan premis minornya bersifat katagorial.
silogisme alternatif atau disebut juga silogisme disjungtif. Silogisme ini dinamakan demikian, karena proposisi mayornya merupakan sebuah proposisi alternatif, yaitu proposisi yang mengandung kemungkinan-kemungkinan atau pilihan-pilihan. Sebaliknya proposisi minornya adalah proposisi kategorial yang menerima atau menolak salah satu alternatifnya. Konklusi silogisme ini tergantung dari premis minornya; kalau premis minornya menerima satu alternatif, maka alternatif lainnya ditolak; kalau premis minornya menolak satu alternatif, maka alternatif lainnya diterima dalam konklusi.

soal dan jawaban :
1. jelaskan pengertian dari silogisme? adalah suatu proses penarikan kesimpulan secara deduktif. Silogisme disusun dari dua proposisi (pernyataan) dan sebuah konklusi (kesimpulan).
2. apa yang disebut dengan silogisme kategorial ? silogisme yang semua proposisinya merupakan kategorial.
3. berikan contoh kalimat dari silogisme alternatif ? Nenek Sumi berada di Bandung atau Bogor, Nenek Sumi berada di Bandung. Jadi, Nenek Sumi tidak berada di Bandung.
4. ada berapa premis dalam silogisme kategorial dan sebutkan ? ada 2 yaitu premis mayor dan premis minor.
5. jelaskan apa itu silogisme hipotesis? adalah jenis silogisme yang terdiri atas premis mayor yang bersifat hipotesis ,dan premis minornya bersifat katagorial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar