konsumen
akan melakukan proses yang mendasari pengambilan keputusan:
1. pengenalan
masalah (problem recognition).Konsumen akan membeli suatu produk
sebagai solusi atas permasalahan yang dihadapinya. Tanpa adanya
pengenalan masalah yang muncul, konsumen tidak dapat menentukan produk yang
akan dibeli.
2. pencarian informasi (information source). setelah memahami masalah yang ada, konsumen akan termotivasi untuk mencari informasi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada melalui pencarian informasi. proses pencarian informasi dapat berasal dari dalam memori (internal) dan berdasarkan pengalaman orang lain (eksternal).
3. mengevaluasi alternatif (alternative evaluation). setelah konsumen mendapat berbagai macam informasi, konsumen akan mengevaluasi altrnatif yang ada untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi.
4. keputusan pembelian (purchase decision). setelah konsumen mengevaluasi beberapa alternatif strategis yang ada, konsumen akan membuat keputusan pembelian. terkadang waktu yang dibutuhkan antara membuat keputusan pembelian dengan menciptakan pembelian yang aktual tidak sama dikarenakan adanya hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan.
5. evaluasi pasca pembelian (post-purchase evaluation) merupakan proses evaluasi
yang dilakukan konsumen tidak hanya berakhir pada tahap pembuatan keputusan pembelian. setelah membeli produk tersebut, konsumen akan melakukan evaluasi apakah produk tersebut sesuai dengan harapannya.
faktor yang mempengaruhi situasi pembelian:
a. pembelian
ulang,dapat di artikan pemebelian yang dilakukan berulang ulang atau terus
menerus tanpa harus memesan dari agen,hal ini bisa di pengaruhi karna
harga,kwalitas,dan kebutuhan yang besar.
b. pembelian ulang yang di modifikasi,dengan melakukan pembelian secara rutin
dan memesan dengan paling sedikitnya cukup banyak,sehingga pembeli ingin
mengubah produk,harga dan kwalitas bahkan syarat syarat pengiriman pun,namun
pemebeli menambahkan keputusan kepada penjual.
c. tugas tugas,biaya semakin besar,waktu yang di butuhkan semakin lama di
karenakan harus mengetahui informasi produk yang akan di belinya pada factor
ini kebanyakan atau sebagian besar adalah konsumen baru.
*sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar