Kamis, 24 November 2011

Dasar pemasaran : Daur hidup produk

daur hidup produk adalah suatu konsep penting yang memberikan pemahaman tentang dinamika kompetitif suatu produk. seperti halnya dengan manusia, suatu produk juga memiliki siklus atau daur hidup. siklus hidup produk (product Life Cycle) ini yaitu suatu grafik yang menggambarkan riwayat produk sejak diperkenalkan ke pasar sampai dengan ditarik dari pasar. siklus hidup produk (product Life Cycle) ini merupakan konsep penting dalam pemasaran karena memberikan pemahaman yang mendalam mengenai dinamika bersaing suatu produk.

1. Tahapan perkenalan 
pada tahap ini pertumbuhan penjualan lambat karena produk baru saja diperkenalkan di masyarakat konsumen. biaya sangat tinggi sehingga produk tidak menghasilkan keuntungan sama sekali. untuk memperkenalkan suatu produk baru, memerlukan waktu yang sangat lama sekali untuk mengisi ke jalur distribusi dan mendorongnya pada berbagai pasar. jumlah keuntungan yang diperoleh selama tahap ini sangat sedikit atau bahkan merugi yang diakibatkan oleh rendahnya hasil penjualan yang disertai dengan tingginya biaya distribusi dan promosi.

2. Tahap pertumbuhan
pada tahap ini pasar dengan cepat menerima produk baru sehingga penjualan melonjak dan menghasilkan keuntungan yang besar. melonjaknya hasil penjualan merupakan tanda jelas berlangsungnya tahap pertumbuhan. sebagian konsumen yang merupakan pelopor merasa puas dengan produk baru tersebut kemudian diikuti mayoritas konsumen. biasanya akan memikat pesaing baru ikut terjun ke pasar dengan mengenalkan ciri-ciri produknya dan berakibat lanjut dengan meluasnya pasar. bertambahnya pesaing akan mendorong meluasnya saluran distribusi, hal ini haru diikuti pula dengan membanjirnya produk untuk mengisi saluran distribusi tadi.

3. Tahap kedewasaan
pada tahap kedewasaan ini kita dapat melihat bahwa penjualan masih meningkat dan pada tahap berikutnya tetap. dalam tahap ini, laba produsen maupun laba pengecer mulai turun. persaingan harga menjadi sangat tajam sehingga perusahaan perlu memperkenalkan produknya dengan model yang baru. pada tahap kedewasaan ini, usaha periklanan biasanya mulai ditingkatkan lagi untuk menghadapi persaingan.

4. Tahap kemunduran
hampir semua jenis barang yang dihasilkan oleh perusahaan selalu mengalami kekunoan atau keusangan dan harus diganti dengan barang yang baru. dalam tahap ini barang baru harus sudah dipasarkan untuk menggantikan barang lama yang sudah kuno. meskipun jumlah pesaing sudah berkurang tetapi pengawasan biaya menjadi sangat penting karena permintaan sudah jauh menurun

*sumber:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar