Minggu, 22 Desember 2013

Makalah Gadget

PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
          Pernahkan anda mendengar kata Gadget, Sangat sering sekali kita mendengar kata itu akhir akhir ini. Pernah kah anda berpikir mengapa benda seperti itu sangat diminati oleh banyak orang saat ini?? Jawabannya karena seiring dengan kemajuan dunia teknologi saat ini yang berkembang sangat pesat, bahkan mungkin saat kita sedang tidur pun dunia teknologi terus menerus melakukan pengembangannya untuk memenuhi kebutuhan manusia akan teknologi yang modern dan praktis. Dan mungkin beberapa benda yg disebut dengan gadget ini ada ditangan kita seperti BlackBerry, Apple, Android. Ketiga merek tsb sangat banyak dipasar indonesia, sehingga kita dapat mengikuti perkembangan tecnologi yang semakin tahun semakin berkembang sangat pesat sekali..
          Dengan demikian, sebenarnya gadget itu bisa dikatakan menjadi peningkat nilai manusia atau mematikan manusia. Para penggunga gadget sebaiknya bisa menyadari akibat-akibat tersebut dan tentunya jika tepat guna pasti dakan tepat sasaran. Gadget bisa memanusiakan manusia juga bisa mendegradasi manusia dari yang semestinya. Karena gadget ibarat pisau, tergantung siapa pemegangnya. Maka tetap bersikaplah cerdas dalam menggunakan gadget agar gadget dapat di gunakan untuk kehidupan yang lebih baik.
PEMBAHASAN
A.  PENGERTIAN DAN SEJARAH GADGET
          Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa Indonesia, gadget disebut sebagai “acang”. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis.
          Asal-usul dari "gadget" kata melacak kembali ke abad ke-19. Menurut Oxford English Dictionary , ada bukti anekdotal untuk penggunaan "gadget" sebagai nama pengganti untuk item teknis yang tepat satu nama tidak ingat sejak tahun 1850-an, dengan 1.886 buku Robert Brown Spunyarn dan Spindrift, Seorang anak pelaut log dari keluar perjalanan dan rumah di gunting teh China yang mengandung penggunaan awal dikenal di cetak.
          Etimologi dari kata tersebut diperdebatkan. Sebuah cerita beredar luas menyatakan bahwa gadget kata itu "diciptakan" ketika Gaget, Gauthier & Cie, perusahaan di balik repousse pembangunan Patung Liberty (1886), membuat versi skala kecil monumen dan diberi nama setelah perusahaan mereka , namun ini bertentangan dengan bukti bahwa kata itu sudah digunakan sebelumnya di kalangan bahari, dan fakta bahwa hal itu tidak menjadi populer, setidaknya di Amerika Serikat, sampai setelah Perang Dunia I.  
          Sumber-sumber lain mengutip derivasi dari Perancis gâchette yang telah diterapkan pada berbagai potongan mekanisme menembak, atau Perancis gagée , alat kecil atau aksesori.

The Oktober 1918 isu Notes dan Pertanyaan berisi entri multi-artikel tentang "gadget" kata (12 S. iv. 187). H. Tapley-Soper dari Perpustakaan Kota, Exeter, menulis:
          Sebuah diskusi muncul pada pertemuan Plymouth dari Asosiasi Devonshire pada tahun 1916 ketika itu disarankan bahwa kata ini harus dicatat dalam daftar provincialisms lisan setempat. Beberapa anggota sependapat dari dimasukkannya atas dasar bahwa itu adalah umum digunakan di seluruh negeri, dan seorang perwira angkatan laut yang hadir mengatakan bahwa selama bertahun-tahun menjadi ekspresi populer di layanan untuk alat atau melaksanakan, nama yang tepat yang tidak diketahui atau telah untuk saat ini telah dilupakan. Saya juga sering mendengar diterapkan dengan menggunakan sepeda motor teman-teman untuk koleksi perlengkapan untuk dilihat pada sepeda motor. 'Nya menangani-bar yang disiram gadget' mengacu pada hal-hal seperti spedometer, cermin, pengungkit, lencana, maskot, & c, melekat pada kemudi.
           Menangani. The 'jigger' atau pendek sisanya digunakan dalam biliar juga sering disebut 'gadget', dan nama tersebut telah diterapkan oleh platelayers lokal untuk 'mengukur' digunakan untuk menguji akurasi dari pekerjaan mereka. Bahkan, untuk meminjam dari masa kini Army gaul, 'gadget' diterapkan untuk 'hal lama. "

          Penggunaan istilah dalam bahasa militer melampaui angkatan laut. Dalam buku "Di atas Pertempuran" oleh Vivian Drake , yang diterbitkan pada tahun 1918 oleh D. Appleton & Co, New York dan London, menjadi memoar seorang pilot di British Royal Flying Corps , ada kutipan berikut: "kami perasaan bosan itu kadang-kadang lega dengan gadget baru -!. "gadget" adalah Flying Corps slang untuk penemuan Beberapa gadget yang baik, beberapa komik dan beberapa luar biasa "
         
          Pada paruh kedua abad kedua puluh, "gadget" istilah telah diambil pada konotasi kekompakan dan mobilitas. Dalam esai 1965 "The Gizmo Besar" (istilah yang digunakan bergantian dengan "gadget" seluruh esai), kritikus arsitektur dan desain Reyner Banham mendefinisikan item tersebut sebagai: Sebuah kelas karakteristik produk AS - mungkin yang paling karakteristik - adalah unit mandiri kecil kinerja tinggi dalam kaitannya dengan ukuran dan biaya, yang berfungsi untuk mengubah beberapa set terdiferensiasi keadaan ke kondisi lebih dekat keinginan manusia. Minimum keterampilan diperlukan dalam instalasi dan penggunaan, dan itu adalah independen dari setiap infrastruktur fisik atau sosial di luar itu oleh yang dapat dipesan dari katalog dan disampaikan kepada pengguna.    Prospektifnya. Sebuah kelas pelayan untuk kebutuhan manusia, ini klip-pada perangkat, gadget portabel, memiliki pemikiran Amerika berwarna dan tindakan jauh lebih mendalam - saya menduga -. Daripada yang umumnya dipahami.
B.  PERKEMBANGAN GADGET
          Kalian pasti sudah tahukan gadget yang satu ini, I-Pad. Pada awalnya aku kira I-Pad adalah sebuah penemuan baru yang langsung booming di pasaran. Tapi ternyata I-Pad memiliki sejarah yang cukup panjang juga lho. Teknologi terus berkembang dari tahun ketahun dan para Ilmuan terus berupaya menciptakan benda-benda yang lebih baik dari sebelumnya atau menciptakan suatu hal baru.

          Begitu juga dengan I-Pad, ternyata ide pertama kali muncul pada tahun 1888 olehElisa Gray. Pada saat itu I-Padnya masih berukuran besar dan berat. Elisha Gray pada saat itu telah mampu menciptakan sebuah perangkat stylus listrik untuk menangkap tulisan tangan dan pada tahun 1888 itulah ia mendapakkan hak paten atas penemuannya itu.
           Dan pada saat itu penemuannya ini belum di sebut dengan sebutan I-Pad namun 'Telautograph'. Telautograph inilah yang menjadi cikal bakal I-Pad yang sering kita jumpai sekarang.
          Telautograph yang diciptakan oleh Elisha Grey pun akhirnya mengalami berbagai perkembangan yang di lakukan para ilmuan. Dan ditahun-tahun ini Telautograph secara bertahap mengalami transformasi menjadi I-Pad yang kita kenal :

Ø    Tahun 1915: US Patent pada antarmuka pengguna memperkenalkan tulisan tangan dengan mengunakan stylus.
Ø    Tahun 1942: US Patent mengunakan layar sentuh untuk masukan tulisan tangan.
Ø    Tahun 1945: Vannevar Bush mengusulkan pada Memex, bahwa data pengarsipan perangkat termasuk input tulisan tangan, dalam esai-nya "As We May Think"
Ø    Tahun 1950: Tom Dimond menunjukkan tablet Styalator elektronik dengan menggunakan pena untuk input komputer & perangkat lunak sebagai pengenalan tulisan tangan teks secara real-time.
Dan pada tahun 60-an I-Pad lebih dikenal dengan sebutanStayalator.
Ø    Tahun 1982: Pencept dari Waltham, Massachusetts memasarkan terminal komputer untuk tujuan yang umum menggunakan tablet & pengenalan tulisan tangan, bukan key board & mouse. Sistem Cadre memasarkan terminal point-of-sale Inforite yang menggunakan pengenalan tulisan tangan, tablet & pena elektronik kecil.
Ø    Tahun 1985: Pencept & CIC memasarkan komputer PC untuk konsumen menggunakan tablet & pengenalan tulisan tangan, bukan keyboard & mouse.
Ø Tahun 1989: Komputer portabel yang komersial pertama tersedia dalam tipe tablet adalahGRiDPad dari GRID Systems yang dirilis pada bulan September. Sistem operasi ini didasarkan pada MS-DOS. Namun sayangnya pemasaran GRiDPad ini tidak mendapat respon baik dari masyarakat karena GRiDPad ini awalnya memiliki berat mencapai 2,26 Kg. Tablet yang diberi nama GRiDPad ini diciptakan oleh Jeff Hawkins.
Ø    Tahun 1991: Pentop momentum ini dirilis. GO Corporation mengumumkan sistem operasi khusus, yang disebut PenPoint OS, menampilkan kontrol dari desktop sistem operasi melalui isyarat dalam bentuk tulisan tangan.
Ø    Tahun 1992: GO Corporation mengirimkan PenPoint OS untuk ketersediaan yang umum. Dan IBM mengumumkan komputer pena IBM 2125 pada bulan April. Model IBM pertama diberi nama 'ThinkPad'.
Ø    Tahun 1993: Fujitsu juga merilis PC tablet Poqet pena-nya pertama yang menggunakan LAN nirkabel terintegrasi. 
          Pada akhirnya PC tablet dan gadget lain bermunculan seperti yang kita alami sekarang, banyak gadget-gadget bermunculan dari berbagai merek dan perusahaaan local maupun asing.
C.  TREND GADGET MOBILE
          Pada tanggal 27 Januari 2010 Pabrikan gadget terkenal yaitu Apple merilis I-pad yang di perkenalkan langsung Steve Jobs selaku CEO dari Apple  dalam Apple Special Event yang bertempat di Yerba Buena Center for the Arts, San Fransisco  Produk ini dirancang sebagai sebuah perangkat digital yang berada di antara telepon pintarr (smartphone) 

dan Komputer jinjing (laptop).



          Apple Inc. berencana akan mulai memasarkan iPad di Amerika Serikat (AS) mulai 3 april 2010. Namun pada awal pemasrannya i-pad ini hanya bisa di beli melauli media online di situs resmi Apple. Pada akhirnya i-pad di produksi masal oleh Apple dan dapat kita jumpai di store Apple di berbagai Negara dan kota di dunia, dan  tidak tanggung-tanggung  hanya butuh waktu kurang dari 3 bulan untuk IPAD langsung menguasai pasar mobile computing yang selama ini dikuasai oleh Tablet dan UMPC (Ultra Mini PC), bahkan IPAD turut mempengaruhi pasar Smart Phone.
          Zaman dahulu orang selalu berpikir bahwa Gadget Mobile fungsionalitasnya adalah lebih kepada sifat mobilenya dan untuk smartphone dapat mengerjakan tugas-tugas yang tidak terlalu berat. Sementara Netbok adalah perkembangan dari Desktop dengan model Komputer Jinjing dengan kapabilitas kemampuan menyamai kemampuan Desktop terutama untuk mengerjakan tugas yang sifatnya office.Padangan ini bukannya salah untuk ukuran saat ini, namun perlahan mulai bergeser. Menurut situs http://www.techblogx.com/netbook-vs-tablet.html, ada beberapa perbandingan bagi konsumen untuk memilih notebook/netbook atau gadget mobile(tablet,smartphone, dll)
1. Gadget mobile menawarkan trend teknologi terkini, dengan tampilan  menarik. Sementara Notebook/Netbook lebih menawarkan kepada   Performa pekerjaan.
2. Gadget mobile lebih menawarkan kepada keringkasan dan mobility. Beberapa gadget seperti Ipad mungkin dapat menyamai performa dari Notebook ataupun Netbook untuk memenuhi kebutuhan komputer. Mungkin resolusi layar, kemampuan processor, memory, dan kapasitas penyimpanan hardisk.  Namun dengan User Interface yang dimiliki gadgets mobile, tak akan senyaman dengan User Interface tradisional  milik Notebook ataupun Netbook, seperti keyboard.
3. Netbook/Notebook memberikan semua kelengkapan komputerisasi sampai pada Optical Drive. Sedang Gadget tidak mungkin selengkap itu. Contoh lain adalah port USB plugin play, yang hanya dimiliki gadgets seperti IPAD dengan harga yang mahal.
4. Gadgets dan notebook/netbook sama-sama dapat memenuhi kebutuhan mobile seperti telephon, sama-sama mendukung teknologi video calling dengan camera. Namun penggunaan tujuan mobile pada notebook/netbook tidak akan senyaman pada mobile gadgets.
5. Harga untuk notebook/netbook lebih terjangkau daripada gadgets mobile.
D.  KEGUNAAN GADGET
           Kegunaan gadget di kehidupan sehari-hari sebenarnya relatif karena, penggunaan gadget sendiri tergantung kepada orang yang memakainya. Kegunaan gadget secara pandangan umum dan penggunaan yang semestinya dapat di bagi dalam beberapa segi pandangan yaitu:
1.   Segi Komunikasi
Kalau zaman dahulu manusia biasa berkomunikasi lewat batin atau kelebihan yang dikarunia oleh Tuhan kepada orang yang dikehendaki. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan manusia memilih berkomunikasi lewat tulisan yang dikirimkan lewat pos dan di era milinium ini, manusia pun memilih berkomunikasi lewat HandPhone karena cara ini dinilai lebih praktis daripada alat-alat komunikasi yang ada sebelumnya.
Dengan adanya Gadget komunikasi semakin lancar. Kita bisa tepat berkomunikasi tanpa harus memperhitungkan jarak dan tempat kita tinggal.
Kita bisa berkomunikasi tanpa terikat tempat karena kalau kita berkomunikasi lewat Gadget kita lebih praktis dan efisien, baik dari segi pemakaian ataupun dari segi cara kita membawa alat komunikasi tersebut.
2.   Segi Sosial
Kita bisa memperbanyak teman lewat Gadget dengan cepat dan mudah. Kita bisa berbagi kabar dengan teman dan kerabat kita yang berada di dalam negri maupun di luar negri tanpa harus menunggu waktu terlalu lama.
Dengan adanya Gadget, Kita tidak perlu lama-lama mengirimkan, kalau ada yang cepat buat apa kita memilih cara yang lama untuk berbagi.
Dengan adanya Gadget, kita tidak perlu menggunakan jasa pos yang dinilai sangat lamban mengirimkan kabar daripada Gadget.
3.   Segi Pendidikan
Bagi kita yang kebetulan berada dalam ruang lingkup pendidikan, kita tidak perlu pusing untuk menambah ilmu pengetahuan.
Dengan Gadget, kita bisa menambah ilmu pengetahuan dengan mudah tanpa harus menemui guru pembimbing.
Caranya sangat mudah, kita tekan tombol-tombol tertentu yang ada di Gadget kita, maka dengan mudah Gadget tersebut akan menghubungi nomer yang dituju.
Kita bisa berbicara dengan dosen atau guru tentang masalah pendidikan. Masalah politik. Masalah keluarga atau pun berbagai masalah yang kita inginkan.
Tidak hanya itu, kita bisa mengakses berbagai ilmu pengetahuan lewat fitur GPRS yang berada di Gadget.
Kita bisa bertukar gambar dengan teman kita melalui fitur MMS dan kita pun bisa saling bertukar lagu dengan teman melalui fitur Bluetooth dengan catatan Gadget yang kita punya menyediakan fitur tersebut.
Demikianlah ulasan tentang Manfaat Hape secara umum yang dapat di lihat dari beberapa segi penggunaannya.

E.DAMPAK POSITIF DA DAMPAK NEGATIF DARI PEMAKAIAN GADGET.

Dampak Positif :
A.  Mempermudah komunikasi
     Dalam hal ini Gadget dapat mempermudah komunikasi dengan orang lain yang berada jauh dari kita dengan cara sms, telepon, atau dengan semua aplikasi yang dimiliki dalam gadget kita.
B.  Menambah pengetahuan
Dalam hal pengetahuan kita dapat dengan mudah meng akses atau mencari situs tentang pengetahuan denga menggunakan aplikasi yang berada di dalam gadget kita Contoh aplikasi : Detik, Kompas.com, dll
C.  Menambah Teman
Dengan banyaknya jejaring social yang bermunculan akhir-akhir ini kita dapat dengan mudah menambah teman melalui jejaring social yang ada melalui gadget yang kita milki.
D.  Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru.
Dengan adanya metode pembelajaran ini, dapat memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
 Dampak negative
A. Merusak mata.

Jika Anda pernah merasa mata lelah dan perih saat melihat ponsel, tidak mengherankan sebenarnya. Karena ketika mata diajak terus-menerus fokus pada benda kecil mata akan kering, dan di tingkat paling ekstrim bisa menderita infeksi

B.  Mengubah postur tubuh. 

 Kirsten Lord, seorang ahli fisioterapi, mengungkapkan bahwa tubuh bereaksi akan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Ketika kerap melihat ponsel, leher dan pundak turut terkena efeknya


C.  Kulit wajah kendur. 

Dr Sam Bunting, seorang ahli dermatologi, mengungkapkan banyak perempuan di usia 30 tahun yang mengalami masalah kulit di bagian wajah, khususnya rahang yang mulai menurun. "Seiring usia, elastisitas kulit menurun, ditambah lagi dengan kebiasaan melihat ke bawah saat bersama ponsel dalam durasi lama. Hal ini akan membuat kulit menurun kualitasnya.”

D.   Mengganggu pendengaran.

Hampir setiap pengguna ponsel atau tablet tampak mengenakan headphone untuk mendengarkan musik. Namun, ini tidak baik jika terus-menerus dilakukan, apalagi dengan volume yang terlalu besar.

E.Mengganggu saat istirahat.

Komputer, laptop, tablet, dan ponsel mengganggu hormon melatonin yang akan turut membuat tidur jadi terganggu. Sebuah riset dari Mayo Clinic di Arizona menganjurkan agar setiap orang menurunkan kadar cahaya di ponsel lebih rendah sehingga tidak begitu mengganggu kala malam hari. Saat beristirahat ada baiknya ponsel dalam keadaan silent, atau jauhkan dari tempat tidur. 
PENUTUP
Kesimpulan
Jaman sekarang adalah jamannya teknologi. Perkembangan teknologi sudah sangat cepat hingga bentuk dari gadget itu juga mengalami perkembangan yang signifikan. Dulu ketika belum mengenal handphone dengan fitur yang paling sederhana pun telah dapat mengubah gaya hidup pemiliknya. Kala itu, mungkin saja yang bisa memiliki gadget ini belum banyak. Jumlahnya hanya sedikit, sehingga kesan gaya-gayaan sangat kentara.
Pengaruh tehnologi sendiri terus mengalami perluasan. Pengaruhnya tidak hanya tingkat perkembangannya yang luar biasa, tetapi dari minat masyarakat penikmat gadget itu sangat cepat, sehingga model gadget terus bertambah dengan fitur-fitur lebih lengkap dan memanjakan.  Lihat saja hampir setiap orang di dunia ini sudah memiliki gadget, meskipun jenis dan harganya yang bervariasi tergantung kebutuhan dan tuntutan gaya hidupnya
 Saran
Di jaman sekarang ini kita tidak bisa menyanggah akan kehadiran dari teknologi yang semakin berkembang, tetapi agar kita tidak terkena  dampak buruk  dari pemakaian teknologi yang berlebihan  kita hanya cukup memakai teknologi tersebut secara optimal.
Sumber :
http://female.kompas.com/read/2013/07/23/0738215/6.Kebiasaan.Buruk.Saat.Memakai.Gadget.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar