Senin, 10 Oktober 2011

Ilmu budaya dasar : manusia dan kebudayaan


kebudayaan berasal dari kata budaya yang berarti hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.definisi kebudayaan itu sendiri adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. namun kebudayaan juga dapat kita nikmati dengan lagu,tari,dan bahasa merupakan salah satu bentuk kebudayaan yang dapat kita rasakan.

manusia dan kebudayaan adalah suatu hubungan yang tidak bisa terpisahkan satu sama lain, manusia merupakan makhluk sosial yang berinteraksi satu sama lain dan mengadakan suatu kebiasaan-kebiasaan dengan komunitasnya yang terus mereka kembangkan dan lestarikan turun menurun sehingga kebiasaan-kebiasaan itu sudah menjadi tradisi bagi mereka dan  telah menjadi suatu warisan dari generasi generasi seblumnya dan akan terus berkembang ke genarisi selanjutnya tetap menjaga dan melestarikan kebudayaan.
setiap manusia mempunyai kebudayaan kebudayaan yang berbeda,itu di sebabkan karena mereka memiliki komunitas yang berbeda beda di wilayahnya, perbedaan ini sangat wajar karena perbedaan yang dimiliki seperti lingkungan,faktor alam,manusia itu sendiri dan berbagai faktor lainnya yang menimbulkan keberagaman budaya tersebut. kebudayaan yang digunakan manusia dalam menyelesaikan masalah masalahnya bisa kita lihat sebut sebagai (way of life), yang digunakan individu sebagai pedoman dalam bertingkah laku.

*sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar